Jumat, 20 Juli 2012

Apakah Saya Memiliki Kualitas Pemimpin Yang Baik??

Ini merupakan pertanyaan dan jawaban saya pada UAS Pengantar Manajemen semester 2 lalu semoga bermanfaat dan memotivasi para pembaca ^^

Pertanyaan:
Menurut Anda, apakah Anda memiliki kualitas pemimpin atau manajer? Apakah Anda akan menjadi pemimpin atau manajer yang lebihbaik dengan mengembangkan karakteristik yang Anda miliki atau mencoba mengembangkan karakteristik yang belum Anda miliki? Jelaskan! 

Jawaban:

Menurut saya iya. Karena saya sebagai manusia diciptakan Tuhan dengan kualitas pemimpin, tidak harus menjadi pemimpin atau manajer dalam tingkatan organisasi. Tapi saya memiliki kualitas untuk memimpin dan mengorganisasi kehidupan saya sendiri. Karena dengan kita bisa memimpin atau menanage diri kita sendiri, dengan sendirinya kita pasti bisa memimpin atau memanajeri orang lain walau ruang lingkupnya tidak besar. Karakteristik seorang pemimpin adalah berusaha untuk selalu maju dan terdepan, dan saya memiliki karakteristik tersebut. 

Dan menurut saya, apabila saya menjadi seorang pemimpin atau manajer saya akan mengembangkan karakteristik yang saya punya namun yang sesuai dengan  karakteristik seoorang pemimpin atau karakteristik yang memang diperlukan dalam memimpin, bukan karakteristik yang malah sama sekali tidak mendukung posisi saya sebagai pemimpin, misalkan tidak bisa menerima kritik dari orang lain. Karakteristik tersebut sangatlah tidak perlu untuk dikembangkan dan harusnya dikurangi bahkan dihilangkan. Saya akan mengembangkan karaketristik saya yang ingin selalu maju untuk memberikan motivasi bagi bawahan saya, dan meningkatkan inovasi-inovasi yang terbaik. Namun, di sisi lain saya juga akan mengembangkan karakteristik kepemimpinan yang belum saya miliki, karena sebagai seorang pemimpin saya harus memiliki kualitas pemimpin dengan paket lengkap karena jika saya tidak mengmbangkan atau menciptakan karakteristik pemimpin yang belum saya miliki pastinya nanti saya akan mengalami kesulitan dalam memimpin bawahan saya dan integritas saya sebagai seorang pemimpin akan dipertanyakan. Jadi kedua hal tersebut sangatlah penting untuk dikembangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar