Jumat, 20 Juli 2012

Perbedaan Efisiensi dan Efektivitas, Mana yang Lebih Penting, dan Bisakah Keduanya Digunakan Secara Simultan dalam Organisasi

*Perbedaan efisiensi dan efektivitas :
Efisiensi adalah cara penggunaan sumber daya secara minimum atau sekecil-kecilnya untuk pencapaian hasil atau tujuan yagn ingin dicapai secara optimum atau semaksimal mungkin. Efisiensi beranggapan atau memiliki dasar bahwa tujuan-tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari cara-cara yang paling baik untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
Efektivitas adalah cara pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. Efektifitas bisa juga diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan.
Eefisien lebih kearah melakukan sesuatu atau tugas dengan benar dan juga melakukan tugas dengan cara menghemat waktu, biaya, dll.  Sedangkan efektif berarti melakukan sesuatu atau tugas yang benar tanpa mempedulikan biaya, waktu yang ditempuh, dll dan cenderung langsung ke arah tujuan yang dituju secara tepat.  Penyelesaian yang efektif belum tentu menghasilkan hasil yang efisien juga, begitu juga sebaliknya. Yang efektif bisa saja membutuhkan sumber daya yang sangat besar sedangkan yang efisien barangkali memakan waktu yang lama. 
 *Yang lebih penting dalam kinerja:
            Menurut saya yang lebih penting dalam suatu kinerja adalah keefektivitasan, karena dalam melakukan pekerjaan agar mencapai tingkat yang optimal kita harus melakukan tugas dengan benar bukan melakukan tugas ke arah yang benar. Efektivitas cenderung ke arah bagaimana kita melakukan pekerjaan secara benar dan tepat sasaran. Efisien mungkin juga bagus, namun efisien memiliki kekurangan yaitu menggunakan sumber daya seminimial mungkin untuk mencapai hasil yang optimum, akibatnya hasil yang ingin dicapai biasanya memerlukan waktu yang lama dan kadang terkesan separuh-separuh dan tidak optimal. Sehingga efektivitas lebih penting karena kinerja yang dilakukan akan tepat sasaran dan maksimal serta sesuai dengan hasil yang ingin dicapai. Efisien belum tentu juga menghasilkan keefektivitasan.

*Dapatkah organisasi berhasil dalam keduanya secara simultan :
            Menurut saya bisa. Karena efisiensi dan efektivitas adalah suatu sistem kinerja yang sangat berkaitan dan saling menguntungkan, dan menurut saya tidak dapat dipisahkan. Dalam suatu organisasi yang memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai memerlukan efisiensi karena dengan menggunakan sumber daya yang ada seminimal mungkin akan menghemat biaya, waktu dll, namun harus diiringi dengan kinerja yang efektif agar hasil yang dicapai juga sesuai dengan sasaran yang diinginkan. Dengan menggabungkan keduanya suatu organisasi pasti bisa berhasil dan sesuai seperti yang kita harapkan.

NB : Ini jawaban saya dalam UAS Pengantar Manajemen pada semester 2 lalu semoga bermanfaat ^^

2 komentar: