Jumat, 20 Juli 2012

Penghargaan Intrinsik dan Ekstrinsik sebagai Mahasiswa dan Mana yang Lebih Penting?

Ini adalah pertanyaan dan jawaban UAS Pengantar Manajemen semester 2 lalu, semoga bermanfaat ^^

Pertanyaan:

Penghargaan intrinsik dan ekstrinsik apakah yang Anda dapatkan berkenaan dengan posisi Anda sebagai mahasiswa? Penghargaan intrinsik atau ekstrinsik kah yang secara umum lebih penting bagi Anda?

Jawaban:

Penghargaan intrinsik dan penghargaan ekstrinsik yang saya dapatkan sebagai mahasiswa adalah saya memiliki rasa tanggung jawab, rasa tertantang, dan penuh motivasi sebagai seorang mahasiswa yang mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Dan saya juga mendapatkan suatu penghargaan melalui prestasi dengan mendapatkan IPK yang cukup memuaskan semeseter lalu. Namun saya belum pernah 

mendapatkan penghargaan ekstrinsik yang bersifat finansial. Dan menurut saya yang lebih penting di antara penghargaan intrinsik ataupun ekstrinsik adalah penghargaan intrinsik, karena dari penghargaan atas diri sendiri dan selalu termotivasi untuk maju jauh lebih bisa mengoptimalkan kinerja dan tujuan yang dicapai, dan hasil yang dicapai pun akan lebih memuaskan jika kita melakukannya dengan penuh semangat kerja dan integritas yang optimal. Jika kita melakukan kinerja hanya demi sebuah penghargaan ekstrinsik sangatlah tidak baik, karena kita akan cenderung melakukan kinerja tersebut secara setengah-setengah dan hanya memikirkan penghargaan yang kita dapatkan misalkan gaji tanpa peduli seberapa optimal kinerja yang kita lakukan. Dan penghargaan ekstrinsik menurut saya hanyalah sebagai bonus dari kinerja yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh. Namun pada dasarnya penghargaan intrinsik dan ekstrinsik sangat berhubungan dalam memotivasi diri dalam sebuah kinerja.

1 komentar:

  1. Saran saja dari saya, kalau buat blog, dalam pemilihan warna teks dan BG nya di pilih yang nyaman di mata saja. Terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus